Image by FlamingText.com

Sabtu, 31 Desember 2011

MAKNA KEMBANG API PADA MALAM TAHUN BARU


Menjelang Tahun Baru 2012, suasana tadi malam sungguh sangat meriah. Berbagai lapisan masyarakat sibuk menanti kedatangan pergantian tahun baru, seolah-olah mereka tidak mau melewatkan momentum indah ini. Ada yang mengadakan pesta, ada yang berkeliling kota, ada yang mengadakan syukuran, ada juga yang mengadakan pengajian. Stasiun televisi pun sibuk dengan berbagai programnya demi menyambut detik-detik menjelang pergantian tahun.
Cuaca malam tahun baru yang cerah di sekitar Jakarta dan sekitarnya, bulan yang bersinar dengan terangnya, hembusan angin yang sejuk dan menyegarkan, menambah suasana malam tahun baru semakin indah. Kerumunan orang di setiap tempat, hiruk pikuk manusia di lokasi hiburan, jalanan yang dipenuhi para pengendara, lalu lalang masyarakat di setiap jengkal tanah, menambah kemeriahan suasana malam tahun baru yang ditunggu-tunggu.
Akhirnya detik-detik pertama di tahun 2012 telah tiba. Secara serentak pesta kembang api pun dimulai, jutaan kembang api meluncur ke udara begitu cepatnya, suara luncuran kembang api yang enak untuk didengar, ledakan kembang api yang bergemuruh, semburan kembang api di langit yang begitu indah untuk dipandang. Suara terompet yang saling bersahutan dan memekakkan telinga, sorak sorai masyarakat yang tiada berhenti ikut menambah kemeriahan suasana malam tahun baru yang spesial.

Teringat akan introspeksi diri menjelang tahun 2012 yang aku tulis sehari sebelumnya, di tengah-tengah kemeriahan malam tahun baru, aku sejenak terdiam dengan suara petasan yang begitu kerasnya di angkasa. Suara petasan yang mengagetkan itu aku anggap sebagai isyarat, penegur dan pembuka hati untuk merenung apa yang seharusnya aku ambil  pelajaran dari kemeriahan suasana tersebut. Akhirnya dengan keterbatasan pemikiranku, aku mencoba menelusuri pelajaran yang lebih berharga dan bermakna dibalik semuanya.
Hal yang paling menonjol pada malam tahun baru tersebut menurutku adalah pesta kembang api. Kenapa? Begitu banyak orang yang menantikan pesta kembang api pada malam tahun baru. Suara yang keras tapi terdengar lembut, keindahan warna-warni ledakan kembang api,  luncuran kembang api yang begitu indahnya ke angkasa, dan cahaya yang ditimbulkan dari ledakan kembang api yang dapat dinikmati dari arah manapun, membuat kebanyakan orang sayang bila harus melewatkannya.
Saya mencoba untuk menguraikan makna pesta kembang api pada malam tahun baru, yang menurutku banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil untuk mempersiapkan diri di tahun mendatang.
Pertama, untuk meluncurkan kembang api maka kita memerlukan api. Api adalah niat dan tekad yang kuat. Dengan niat dan tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan dan keberhasilan hidup, maka peluang besar pun akan didapatkan. Dan dengan niat serta tekad yang kuat, kita akan lebih mampu menghadapi terhadap segala kemungkinan yang terjadi di tengah perjalanan dan usaha kita.
Kedua, bahwa kembang api itu selalu diluncurkan dari bawah ke atas atau dari bumi ke angkasa.  Pelajaran yang bisa kita ambil adalah bahwa setiap perjalanan menuju kesuksesan memerlukan proses dan proses itu tentunya akan berasal dari bawah dulu. Jangan pernah bermimpi bahwa kita akan langsung berada di puncak keberhasilan tanpa merangkak dan menjalani proses terlebih dahulu dari bawah.
Ketiga, bahwa untuk mendapatkan kembang api dan menikmati keindahannya, maka kita harus membeli untuk mendapatkannya. Membeli kesuksesan berarti berjuang dan mau berkorban demi meraih kesuksesannya. Maka kesuksesan, keberhasilan dan kebahagiaan hidup, ia memerlukan perjuangan dan pengorbanan dari diri kita. Mana mungkin kita dapat meraih kesuksesan kalau kita tidak mau berjuang dan berkorban.
Keempat, bahwa kembang api itu akan selalu diarahkan ke atas atau ke angkasa untuk mendapatkan keindahannya. Maka gapailah cita-cita setinggi mungkin dan persiapkan diri kita untuk menuju kesana. Janganlah berputus asa untuk menjadi yang terbaik, karena setiap manusia ada kesempatan untuk menjadi yang terbaik.
Kelima, bahwa ledakan kembang api itu menghasilkan percikan api yang berwarna-warni dan sungguh sangat indah. Warna-warni adalah keragaman kepribadian dan keragaman kepribadian yang baik adalah kekayaan jiwa. Dengan kekayaan jiwa, maka semuanya akan menjadi mudah dan indah. Maka berusahalah agar kita menjadi orang yang kaya jiwa dan jangan sekali-kali menjadi orang yang miskin jiwa.
Keenam, bahwa cahaya yang ditimbulkan kembang api akan menyinari tempat di sekitarnya. Maka hendaklah kita menjadi orang yang mampu memberikan cahaya kepada orang lain, memberikan sinar ketenangan kepada orang lain, memberikan yang terbaik bagi orang lain dan berusaha menghilangkan kegelapan jiwa orang lain. Jadilah orang yang mampu memberikan solusi dan pencerahan bagi orang yang membutuhkannya.
Ketujuh, bahwa kembang api akan terlihat semakin indah bila perpaduan suara ledakan dan warna-warni cahaya terjadi ketika berada dalam kegelapan. Bunyi ledakan adalah isyarat bahwa segala sesuatu dapat kita maknai walaupun hanya sekedar bunyi atau suara. Dan apa yang kita bisa lihat merupakan pertanda bahwa kita harus mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian. Jika kita bisa memaknai dan mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang menimpa hidup kita, Insya Allah kita akan dapat membebaskan diri kita dari kegelapandan kesusahan.
Semoga dengan tulisan ini, akan memberikan manfaat bagi diri saya khususnya dan pembaca lain pada umumnya. Karena sesungguhnya sedalam apapun suatu tulisan tapi kalau kita tidak bisa menjiwainya, maka hal itu tidaklah akan berarti apa-apa.   Dan sebaik apapun renungan dan pemaknaan, jika kita tidak sanggup merealisasikannya, maka hal itu adalah sia-sia. Semoga dengan memahami makna pesta kembang api pada malam tahun baru ini, akan terpanggil hati kita untuk meraih kesuksesan di tahun mendatang. Niat dan tekad yang kuat, memulai langkah dari bawah, perjuangan dan pengorbanan, bercita-cita menjadi yang terbaik, kekayaan jiwa dan peka terhadap setiap peluang adalah modal awal memasuki tahun baru 2012. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung dan mampu memaknai setiap detil kehidupan, amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar